SPBU Kompleks Industri Rungkut SIER Surabaya Meledak

SPBU Kompleks Industri Rungkut SIER Surabaya Meledak Bermula dari Truk Pengangkut LPC

SPBU Kompleks Industri Rungkut SIER Surabaya meledak pada hari Kamis (8/3/2018) pagi. Ledakkan disebabkan oleh percikan api truk pengangkut LPG yang sedang mengisi solar di lokasi kejadian.

Selain mengakibatkan korban luka dan tewas, ledakan di SPBU Kelurahan Berbek itu juga mengakibatkan mobil pengangkut air dan LPG terbakar.

SPBU Kompleks Industri Rungkut SIER Surabaya Meledak Sebanyak 5 Kali

Informasi yang diterima sampai dengan hari ini, ledakan di SPBU Kompleks Industri Rungkut SIER Surabaya tersebut mengakibatkan 2 orang tewas dan 5 orang lainnya luka-luka.

Korban meninggal adalah seorang kernet, yang masih diselidiki polisi apakah kernet truk LPG atau kernet mobil truk galon.

Saksi mata mengatakan SPBU di Surabaya meledak dan terbakar karena sopir tidak mematikan mesin kendaraannya ketika sedang mengisi BBM.

Saksi yang berda di tempat kejadian juga mendengar 5 kali ledakan saat SPBU Kompleks Industri Rungkut SIER Surabaya tersebut terbakar.

Kronologi Kejadian SPBU Kompleks Industri Rungkut SIER Surabaya Meledak

Menurut beberapa saksi mata mengatakan bahwa kejadian bermula pukul 07.58 WIB, disaat truk yang mengangkut tabung gas perusahaan mengisi BBM solar.

Terjadi percikan api di area pengisian BBM tersebut dan dengan seketika menyambar truk yang memuat gas sehingga truk terbakar serta membakar mesin SPBU yang paling dekat dengannya.

Ledakan yang berasal dari truk pengangkut gas tersebut dengan cepat membesar dan membakar sebagian mesin SPBU sehingga terjadi 5 kali ledakan.

Sebanyak 8 unit  mobil pemadam yang berasal dari PMK Surabaya dan PMK Sidoarjo tiba di lokasi pada pukul 08.15 WIB untuk memadamkan api.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Candra Maria Oratmangun mengatakan, dari 8 unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan, di antaranya berisi liquid foam.

Api akhirnya dapat dipadamkan pada pukul 08.30 WIB yang dilanjutkan dengan pembasahan agar api yang tersisa tidak menjalar ke daerah yang masih kering dan berkahir pada pukul 08.35 WIB.

Petugas pemadam selesai melaksanakan tugasnya pada pukul 08.45 WIB dan selanjutnya tempat kejadian perkara diisolir dan ditangani oleh pihak kepolisian.

 

pintuniaga

Mengupas dengan tajam untuk membangun perubahan.