Pendaftaran CPNS 2018

Pendaftaran CPNS 2018

Pendaftaran CPNS 2018 akan dimulai. Pintuiniaga akan mengulas informasi tentang Pendaftaran CPNS 2018 yang berkenaan dengan Jadwal Pendaftaran, Tahap Pelaksanaan Pendaftaran, sampai kepada formasi Pendaftaran CPNS 2018.

Informasi Pendaftaran CPNS 2018 didapatkan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Menurut MenPAN-RB diperkirakan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 akan mulai dilaksanakan pada awal Juli 2018 pasca Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada).

Pendaftaran CPNS 2018 ini sendiri terbagi menjadi dua kategori, yakni pendaftar lulusan SMA sederajat dan pendaftar lulsan sarjana.

Formasi pendaftaran diperkerakan berjulah 200 ribu orang yang tersebut di berbagai provinsi, dan kabupaten kota seluruh Indonesia.

Pendaftaran CPNS 2018 Akan Segera Dimulai

Jadwal Pendaftaran CPNS 2018

Pendaftaraan CPNS 2018 diperkirakan akan dilakukan antara tanggal 7 Juli 2018 hingga 17 Juli 2018. Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 pasca Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada).

Kementerian PAN-RB kini tengah menyusun formasi yang tepat untuk CPNS 2018. Seperti halnya terkait kompetensi yang harus dicocokkan dengan tugas yang ditawarkan. Termasuk, menentukan unit-unit kerja yang dibutuhkan.

Kementerian PAN-RB pun menargetkan jumlah  pendaftar CPNS yang diterima 60-70 persen dari total 220 ribu orang pegawai yang akan pensiun tahun ini. Pendaftaran CPNS 2018 sesuai dengan sistem minus growth yang diterapkan. Jumlah Pendaftar yang diterima pun tak akan melebihi jumlah pensiunan.

Menurut perhitungan Badan Kepegawaian Negara, tes akan dilangsungkan 10 hari hingga 20 hari atau seminggu lebih hingga tiga minggu setelah hari pencoblosan yang jatuh pada 27 Juni 2018.

Tahap Pelaksanaan Penerimaan CPNS 2018

Pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS 2018 kali ini akan dilakukan di pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten atau

Masing – masing pemerintahan memiliki kewenangan dan kebajikan, serta tidak melenceng dari peraturan yang sudah ditetapkan.

Untuk daerah tertentu, posisi cpns yang kosong akan diisi dengan pendaftar yang memiliki keterampilan khusus pada suatu bidang tertentu.

Syarat-Syarat Pendaftaran

Ada dua kategori dalam penerimaan CPNS kali ini, yang pertama adalah pendaftar dari tamantan SMA atau sederajat, dan yang kedua adalah tamatan Sarjana. Berikut Syarat yang diperlukan dalam Pendaftaran CPNS 2018 lulusan Sarjana :
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
  • Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Sedangkan syarat pendaftaran CPNS 2018 bagi Lulusan SMA/sederajat :

  • Materai Rp 6.000
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah/STTB
  • Fotokopi ijazah SD
  • Fotokopi ijazah SLTP
  • Fotokopi ijazah SLTA.

Syaratan Umum Pendaftaran CPNS 2018

  1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta sehat jasmani dan rohani.
  2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS /PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.
  5. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

Pendaftaran diperuntukkan untuk Sejumlah Pemprov dan pemkot kemudian cukup banyak di lowongan CPNS pemkab.  Selanjutnya untuk pelaksanaan tes CPNS 2018 akan digelar serentak pada Juli 2018.

pintuniaga

Mengupas dengan tajam untuk membangun perubahan.