Kesatuan Niaga Celuller Indonesia Menuntut Menteri Kominfo Dicopot

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjadi sorotan dalam 4 bulan terakhir akibat dari kebijakan Kominfo untuk melakukan pembatasan registrasi satu NIK hanya tiga kartu perdana. Kebijakan ini mengakibatkan anjloknya pendapatan padagang kartu perdana yang diperkirakan hampir lima juta outlet di seluruh Indonesia akan bangkrut.

Kerugian Pedagang Kartu Perdana di Berbagai Daerah

Bali

Di Bali, salah satu keuntungan outlet yakni dari penjualan kartu perdana kepada para wisatawan asing. Namun, dengan kebijakan tersebut para wisatawan asing kesulitan ketika harus menggunakan kartu di Bali, karena tidak memiliki NIK, sementara paspor belum bisa digunakan untuk registrasi. Padahal outlet yang selama ini bebas melakukan registrasi tidak bisa lagi melakukan hal tersebut.

Ketua DPD KNCI Bali Felix Andi Muliyanto mengatakan pihaknya menolak aturan tersebut lantaran menimbulkan kerugian.

Ia menyampaikan aturan tersebut mengancam hampir lima juta outlet di seluruh Indonesia. Di Bali sendiri, ia menyampaikan kerugian mencapai 80 persen. Apalagi selama ini keuntungan mereka dapatkan dari penjualan kartu perdana.

Kalimantan

Laporan pedagang mengatakan bahwa sebelum kebijakan baru tetang registrasi kartu perdana rata-rata dalam sebulan omset Rp 50 juta, maka turun menjadi kisaran Rp 30 jutaan sampai Rp 40 jutaan. Pedagang merasa terancam dengan kebijakan itu.

Pedagang menilai kebijakan Pemerintah sekarang semakin aneh-aneh aja , dari pembelian SIM Card HP untuk intenet pun terlalu banyak aturan hingga pembelian BBM pun wajib pakai non tunai‎. Mmenurut pedagang itu bukan inovasi, tapi monopoli, menguntungkan sepihak tetapi merugikan khalayak ramai, apa lagi sekarang operator telah menaikan tarif.

Sumatera Selatan

Aturan regsitrasi NIK kartu perdana telah membuat omzet turun mencapai 50 sampai 70 persen. Pedagang mengeluhkan, biasanya dalam perhari kami bisa menjual 40 kartu perdana, kini hanya dibawah 20 an. Jika ini terus berlangsung, maka pedagang seluler juga akan mati.

Pedagang meminta DPRD Sumsel menyikapi masalah ini ke kominfo RI dan ke presiden Jokowi yang selama ini bertolak belakang dengan program jokowi yang akan memajukan UMKM, sementara saat ini di Sumsel ada 2013 outlet.

Menteri Kominfo Dicopot

Seluruh pedagang sudah memohon kepada Presiden Indonesia agar turun tangan menyelesaikan persoalan ini demi keberlangsungan outlet selaku UMKM yang jadi sumber peghidupan lima juta jiwa masyarakat Indonesia. Semua orang tahu bahwa fokus Presiden Jokowi adalah memajukan UMKM, namun kebijakan ini dinilai sudah menciderai UMKM itu sendiri.

Ada dua tuntutan dari pedagang kartu perdana. Pertama, memohon kepada Presiden Joko Widodo menghapuskan aturan pembatasan registrasi mandiri satu NIK untuk tiga kartu perdana. Kedua, memohon kepada Presiden Joko Widodo untuk mencopot Rudiantara dari jabatannya sebagai Menkominfo.

pintuniaga

Mengupas dengan tajam untuk membangun perubahan.